Arti Internal Linking dan Pengaruhnya Terhadap Search Engine

, Minggu, 27 Februari 2011

Internal linking adalah tautan yang sengaja dibuat oleh admin atau pemilik blog/website. Tautan tersebut adalah tautan antar halaman yang saling berkaitan atau internal linking ini bisa dikatakan sebagai related post secara manual karena related post yang biasa berada pada tiap blog adalah dilakukan secara otomatis dan menggunakan javascript.

Perbedaan internal linking yang dilakukan secara manual dengan related post yang juga seperti internal linking yang menggunakan javascript sehingga menjadi otomatis berdasarkan kategori tertentu adalah pengaruh nya terhadap search engine ranking. Pada internal linking, tautan atau link halaman yang dibuat dan mengarah pada halaman lain yang saling berkaitan akan membantu meningkatkan search engine ranking pada hasil pencarian search engine seperti google, yahoo, dan bing sedangkan internal linking yang menggunakan menu related post tidak berpengaruh terhadap search engine ranking tetapi hanya dapat memudahkan pengunjung saja untuk melanjutkan membaca posting berbeda yang masih ada kaitannya dengan posting yang sedang dibaca pada saat itu, hal ini dikarenakan related post tersebut menggunakan javascript sementara link atau tautan yang dibuat atau ter generated otomatis oleh javascript biasanya tidak dapat dibaca oleh robot crawler.

Contoh internal linking secara manual misalnya Anda menemukan adanya link atau tautan dihalaman posting yang sedang Anda baca kemudian link tersebut mengarah kehalaman lain yang juga masih berkaitan satu sama lain. Misalnya dari halaman ini saya membuat internal linking sebagai berikut: silakan baca juga postingan-postingan berikut: pengaturan blog, pengertian search engine optimization - seo, pengertian seo on page, pengertian seo off page, cara membuat breadcrumb navigation, pasang meta keyword dan description tag blogspot, arti internal linking dan pengaruhnya terhadap search engine, dan artikel berkaitan lainnya.

6 comments:

  1. panduan dan tutorial gratis mengatakan...

    Internal linking emang bagus untuk ningkatin seo...

  2. Unknown mengatakan...

    Saya juga berfikir kalau related post yang otomatis itu tidak berpengaruh terhadap search engine. Kalau begitu blog yang loadingnya lambat juga tidak berpengaruh dong terhadap seo. Misalnya nih saya pasang di blogku video, musik, fungsi iframe sehingga blog saya menjadi berat. Nah robot crawler kan gak bisa baca yang kayak gitu jadi loading blog gak berpengaruh dong terhadap seo.

    Salam blogger

  3. Cuma Nulis Aja mengatakan...

    @Muhammad Akram: kalo loading blog berpengaruh juga mas karena search engines lebih suka dgn halaman yg bisa diakses dgn cepat. Pernah gk dpt tips dari google utk mempercepat loading blog ketika selesai publish post?

  4. Samual mengatakan...

    This is really great Blog. A SEO Reseller Program іѕ a program thаt іѕ open tο аll. Mοѕt οf thе SEO business іѕ getting a prominent way fοr many entrepreneurial individuals οn thе internet.

    SEO Expert

  5. makeityourring diamond engagement rings mengatakan...

    Wah baru tahu.tapi ada ga tutorial masang internal link secara otomatis berdasarkan keyword ya mas?boleh di share kalau ada

  6. Ristia Yuanita mengatakan...

    Ternyata ada bedanya ya antara internal link dengan related post...thanks nya langsung aja deh di praktekin

Posting Komentar

GlossyBlue Blogger by Black Quanta
Entries RSS